Simple is great !

Selasa, 09 Juni 2015

Serabi Notosuman Ny.Lidia "Oleh-Oleh Khas Solo"


Serabi Notosuman yang terkenal ini sudah ada sejak tahun 1920-an dikota Solo. Jika anda berkunjung ke kota Solo tak lengkap rasanya apabila anda belum mencicipi serabi notosuman ini, serabi ini beda dari serabi atau surabi yang ada di daerah lain karena serabi notosuman ini digulung lalu dibungkus dengan daun pisang dan dihidangkan tanpa kuah sehingga langsung bisa di makan. Serabi notosuman ini memiliki tekstur yang kenyal, tipis, tapi lembut dan rasanya yang sangat legit sehingga membuat para pecinta kuliner ketagihan.


Pembuatan serabi ini juga sangat sederhana, proses pembuatannya masih tradisional. Bahan membuat serabi ini cukup mudah hanya menggunakan tepung beras dan santan yang diaduk menjadi adonan kue serabi. Oleh karena itu serabi notosuman ini hanya bisa tahan selama 24 jam karena serabi ini tidak memakai bahan pengawet jadi lebih enak dinikmati selagi hangat. Tuangkan adonan serabi kedalam cetakan bulat kecil lalu ditutup hingga mekar. Tidak memakan waktu yang lama untuk menunggu serabi ini matang kira-kira sekitar tiga menit serabi sudah siap dihidangkan. 


Di kota Solo ini serabi yang dijual hanya ada 2 varian rasa, yaitu serabi coklat dan serabi polos. Perbedaannya hanya pada topping serabi saja, jika serabi polos tidak diberi taburan coklat (meisis). Kedua serabi ini sebenarnya sama-sama enak jika disantap saat masih hangat. Anda bisa membeli serabi notosuman ini seharga Rp.1800 untuk serabi polos sedangkan Rp.2000 untuk serabi coklat. Satu dus kecil isi 5 serabi dengan rasa campuran yaitu serabi polos dan serabi coklat seharga Rp.12.000. Uniknya ketika kita membeli serabi ini kita bisa melihat langsung proses pembuatan serabi yang enak ini. 

Serabi ini biasanya tersedia di beberapa pusat oleh-oleh di kota Solo. Pusat serabi notosuman berada di Jalan.Mohammad Yamin No. 28 Surakarta Jawa Tengah. Serabi notosuman sudah buka sejak  pagi mulai pukul 07.00 WIB disarankan jangan datang terlalu sore karena serabi ini cepat sekali diserbu pecinta kuliner bisa-bisa anda kehabisan.



Saya berkunjung membeli serabi ini di cabang Boyolali yang berada di Jalan Pandanaran, 233 (0276) 3293482, Boyolali milik Ny.Lidia. Serabi notosuman ini cocok untuk mengganjal perut dan suguhan untuk tamu anda. Biasanya saya dan keluarga membeli serabi ini ketika mudik lebaran untuk sarapan sekaligus oleh-oleh untuk saudara saya di Pemalang karena letaknya yang sangat strategis dari jalan raya Boyolali.


Anda tertarik ingin menikmati serabi yang enak ini? Silahkan langsung coba saja.. Dijamin ketagihan!!! tidak akan mengecewakan.









Popular Posts

Total Tayangan Halaman

Befira. Diberdayakan oleh Blogger.